Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Tuesday, February 23, 2010

Tips Sukses Pebisnis Hari ini: Wakil-kan Tugas-tugas Anda

Kerapkali seorang pebisnis memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat banyak sekali, ada yang bisa melakukan semua itu sendirian, namun ada juga yang mewakilkan tugas dan wewenang untuk menjalankan bisnisnya kepada orang yang dia bentuk kedalam sebuah tim. Bukan rahasia umum lagi kalau seorang pebisnis/entepreuner memiliki sebuah tim yang teroganisir untuk bisa melancarkan bisnis yang dijalankan, tidak terkecuali untuk bisnis internet. Jadi rahasia sukses seorang pebisnis adakalanya tergantung dari para aktor pembantu yang berada di balik layar yang berperan penting dalam karir bisnis seseorang.

Pekerjaan yang bisa anda wakilkan kepada orang lain yang anda percayakan dan anda nilai mampu untuk menggantikan tugas utama anda adalah syarat sukses bagi seorang pebisnis/enteprenuer. Karena saya yakin tidak semua pekerjaan bisa anda kerjakan, walaupun bisa hasilnya pasti kurang maksimal. Berbeda kalau anda memberikan wewenang kepada orang/tim anda untuk melanjutkan pekerjaan tersebut, sehingga anda bisa lebih fokus kepada tugas utama anda.

Banyak orang yang selalu mempertimbangkan untuk mewakilkan pekerjaan/tugas utamanya kepada orang lain, karena merasa orang tersebut tidak capable/mampu untuk melakukannya.

Anda tidak perlu merasa takut jika anda mewakilkan tugas/pekerjaan kepada seseorang yang anda percayakan kepadanya. Saya akan memberikan contoh bisnis pulsa yang saya jalankan saat ini baik di rumah mapun di kantor saya. untuk di rumah saya percayakan kepada anggota keluarga saya yang menjaga toko pulsa tanpa perlu saya perhatikan apalagi saya tunggu seharian, sementara saya harus pergi "ngantor" (maklum masih digaji orang..wkwkw).

Begitu juga jika anda punya bisnis internet semisal menjual produk bisnis offline yang anda bawa ke ranah dunia maya, jika anda mampu mendistribusikan pekerjaan anda kepada orang lain, saya yakin usaha anda akan berjalan lancar, dalam hal ini saya contohkan anda mengurusi website/toko online-nya sementara anggota keluarga anda mengurusi distribusi barang ke konsumen atau sebaliknya.

Namun saya tidak langsung menyarankan anda untuk langsung mewakilkan semua pekerjaan kepada orang lain, jika anda mampu melakukan semua itu, silahkan saja dan itu sah-sah saja. Memang ada beberapa pebisnis terutama para pelaku bisnis internet yang mengerjakan semua pekerjaannya sendirian. Karena pola dari bisnis internet itu sendiri bisa dikerjakan dengan sendiri, namun saran saya ada baiknya kalau anda sudah mapan dalam berbisnis tentu pada saatnya nanti, andapun harus segera membentuk sebuah tim kecil untuk bisa meng-akomodir semua tugas yang berhubungan dengan bisnis yang anda jalankan.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive