Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Sunday, February 28, 2010

Kekuatan Pencitraan Diri Bagi Seorang Penjual

Pembentukan citra/branding seorang marketer/penjual, apakah itu di dunia online maupun di dunia online ditentukan oleh kapabilitas dan kemampuan sang marketer tersebut dalam menyalurkan informasi yang berguna bagi siapa saja termasuk calon prospeknya sendiri. Kemampuan dalam menyampaikan informasi yang sedetil-detailnya kepada siapa saja termasuk hal yang sangat mempengaruhi branding seorang marketer di mata para pelanggannya. Informasi yang disampaikan juga harus dalam format yang bisa dicerna dengan baik. Bisa anda bayangkan jika seorang marketer tidak bisa memenuhi kebutuhan informasi seputar produk maupun di luar produk secara maksimal, dipastikan banyak penjualan-penjualan yang terlantar akibat macet-nya informasi kepada pelanggan atau calon konsumen.

Saya akan ambil contoh yang paling simpel yang telah saya hadapi dalam penjualan di bisnis pulsa yang sedang saya jalankan saat ini. Ada seorang teman yang bertanya tentang informasi seputar hape modem bermerk Smart (duh iklan neh). Dia menanyakan tentang kecepatan yang dihasilkan modem tersebut. Kebetulan saya hafal dengan kategori kecepatan yang dihasilkan oleh modem Smart tersebut dan cara-cara serta format pendaftaran ber-internet dengan menggunakan hape modem smart via sms, kemudian saya langsung berikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada beliau tentang manfaat dan informasi seputar Smart, walhasil dengan informasi yang cukup jelas tadi, setelah teman saya membeli hape modem Smart tadi , dia sekarang langganan pulsa dengan saya....hehehe.

Jadi untuk menjadi seorang marketer (penjual) yang handal, anda harus menguasai semua informasi sekecil apapun bentuknya, jikalau anda ingin menambah informasi , selain mengobrol dengan teman-teman dekat seputar kejadian sehari-hari, anda juga bisa mendapatkan informasi dengan cara blogwalking, jalan ke toko buku, atau browsing di internet dan masih banyak cara-cara yang bisa menambah wawasan anda.

Dalam penyampaian informasi kepada calon pelanggan hendaknya jangan terlalu berlebihan, jagalah porsi informasi yang keluar dari anda agar mereka merasa cukup, terkadang jika ada pelanggan yang ingin bertanya lagi, sampaikan kepada mereka sampai merasa puas, tanyakan kembali kepada mereka "ada lagi yang yang bisa saya bantu" dengan senyuman termanis yang pernah anda miliki, saya yakin tujuh turunan, semua orang akan puas mendapatkan suguhan informasi plus senyuman anda (walau susunan gigi anda tidak teratur sama sekali, ..hehe..becanda).

Dan saran saya jangan pertaruhkan branding/citra anda sebagai marketer yang telah menjual barang apa saja kepada kolega/teman dekat anda dengan sikap yang terkadang bisa mencoreng branding yang telah kita bangun dengan kerja keras. Pertahankan branding anda dengan perilaku-perilaku yang menjunjung tinggi semangat serta motivasi yang tinggi sehingga anda terhindar dari perbuatan-perbuatan kecil yang justru dapat merusak branding anda sebagai seorang marketer yang handal.

Intinya semakin anda bisa membuat self-branding/pencitraan anda baik, maka apapun yang anda jual pada orang lain akan lancar.

Salam Sukses.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive