Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Tuesday, February 16, 2010

Belajar AutoCAD Untuk Bidang Oil & Gas Enjiniring

Belajar AutoCADKali ini saya akan menerangkan tentang pentingnya belajar autocad untuk bidang oil & gas enjiniring. Pada prinsipnya adalah sama, cuma saya ingin memberikan sedikit bocoran tentang gambar-gambar yang ada di dunia rekayasa dan rancang bangun sektor oil & gas adalah kebanyakan seputar pondasi dan support pipa (pipe support), apakah untuk skid (media penahan) untuk perpipaan maupun untuk tangki/vessel yang ada di oil & gas plant.

Untuk desain enjiniring dibidang oil & gas banyak sekali program / aplikasi-aplikasi tambahan yang sering dipakai oleh para desainer untuk membuat rancang bangun seperti support pipa-pipa, misalnya program Microstation dan PDMS (Plant Design Management System), kedua software ini banyak digunakan sebagai alternatif menggambar gambar teknik pada bidang oil & gas. Nah bagi anda yang sudah belajar autocad dan ingin meng-upgrade ke level ini, silahkan untuk mempelajari lebih dalam di blog ini, Insya Allah saya akan membahasnya pada artikel berikutnya.

Kembali lagi ke topik, untuk sektor oil & gas gambar-gambar yang banyak dipakai pada prinsipnya sama, yaitu gambar pondasi, beton bertulang dan struktur/rangka baja. Dan sangat memungkinkan jika anda ingin berkecimpung di bidang ini, belajar autocad dengan objek-objek diatas pasti anda akan temui kembali. Namun bedanya jika anda menjadi seorang desainer profesional, anda harus bisa menghitung material yang dibutuhkan untuk kebutuhan fabrikasi, jadi selain menggambar anda juga harus bisa menghitung material. Karena saya sarankan selain belajar autocad andapun harus mampu menghitung semua objek gambar yang telah anda gambar dan membuat daftar material untuk kebutuhan fabrikasi.

Jika anda cuma ingin menjadi seorang drafter saja atau jika ada kesempatan anda meng-upgrade level anda menjadi desainer profesional, mulailah sekarang belajar autocad sambil anda belajar menghitung material/benda yang anda gambar. Dan juga saya sarankan untuk mengenal objek/material bangunan yang sering dipakai dalam proyek, misalnya baja, besi, kayu, baut, pelat dan lain-lain.

Saran saya jika anda ingin sukses dalam dunia enjiniring, apakah anda ingin menjadi seorang enjinir, drafter ataupun seorang desainer, anda harus mampu mengoperasikan program autocad sebagai syarat untuk memenuhi lowongan pekerjaan dibidang ini. Sangat beruntung jika anda tambahkan dengan keahlian program lain seperti yang saya sebutkan diatas (PDMS/workstation, dll.). Karenanya saya sangat menyarankan anda untuk mulai belajar autocad dari sekarang, karena saya akan beberkan beberapa trik-trik tentang bagaimana menguasai autocad dengan cara yang paling cepat.

Semoga bermanfaat,

No comments:

Post a Comment

Blog Archive