Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Monday, February 28, 2011

Loyalitas Nasabah BCA Paling Tinggi

BCA terpilih sebagai The Best of Indonesian Bank Loyalty Champion dalam kategori produk tabungan bank konvensional. Terpilihnya BCA dalam ajang penganugerahan Indonesian Bank Loyalty Award (IBLA) 2011, yang berlangsung di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Senin (28/2/2011), berarti bank swasta ini berhasil meraih indeks loyalitas nasabah terbaik.

Dalam survei untuk kategori produk tabungan, MarkPlus Insight, selaku penyelenggara yang bekerjasama dengan Majalah Infobank, mengevaluasi top 20 bank konvensional. Survei dilaksanakan selama bulan November-Desember 2010, terhadap 2.900 responden di 6 kota besar, yang meliputi Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Untuk kategori ini, data riset MarkPlus Insight menunjukkan terjadi penurunan loyalitas nasabah pada akhir tahun 2010 hingga awal 2011. Penurunan loyalitas menandakan nasabah semakin selektif dan penuh pertimbangan seiring dengan persaingan yang semakin kuat untuk produk tabungan.

Mengenai indeks loyalitas nasabah untuk produk tabungan tahun 2011, dimensi relationship, meraih persentase yang terbesar dengan 33,6 persen. Diikuti dengan dimensi transaksi dengan 33,5 persen, dan partnership dengan 32,8 persen.

Temuan MarkPlus ini menandakan loyalitas nasabah pada produk tabungan, dipengaruhi tiga aspek, yaitu kepuasan nasabah, lamanya menjadi nasabah, dan hambatan migrasi, seperti transaksi rutin, volume transaksi yang lebih banyak, dan rendahnya sensitifitas terhadap biaya administrasi dan transaksi, sekaligus rendahnya motivasi untuk pindah ke bank yang lain.

sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment

Blog Archive