Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Sunday, December 20, 2009

Pro Kontra Twitter Luna Maya dengan PWI

Aksi balas pantun dari Luna Maya dengan para insan infotainment lewat status di twitter membuat suasana makin memanas, sebenarnya saya pribadi susah banget untuk menilai apakah ini wajar atau melawan hukum?, maklum soalnya masih buta belajar tentang apa itu UU ITE atau hukum di dunia cyber.

Memang sih kalau dilihat dari kata-kata yang keluar di status Twitter milik Luna Maya, memang bernada kasar sampai menjurus penghinaan profesi jurnalistik sehingga bisa dituntut kepada tindak pidana. Namun ada juga pernyataan yang mengatakan kalau ini adalah wajar , seperti yang saya kutip dari Detik.com berikut ini :

Pernyataan artis Luna Maya dalam jejaring sosial Twitter dinilai Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung merupakan sebuah kritik dan wajar. Namun persoalannya adalah pemilihan kata Luna Maya yang membuat dia terjerat UU ITE.

Menurut Agus Rakasiwi, Ketua AJI Bandung, terlebih dahulu harus melihat apa yang menyebabkan Luna Maya berbuat seperti itu. Yang patut dipertanyakan, apa yang dilakukan infotainment kepada Luna Maya sehingga dia berbuat seperti itu, harus dikritisi.

"Tidak bisa kemudian Luna mendapat dampak dari apa yang sebenarnya dia ingin katakan sebagai bentuk kekesalan pada pekerja gosip. Lalu sekarang apakah pekerja infotainment menghargai privasi artis di negeri ini juga patut dipertanyakan," ujar Agus saat dihubungi wartawan, Jumat (18/12/2009).

Agus menambahkan apa yang dilakukan Luna Maya merupakan kritik dan hal tersebut wajar. Namun menurut Agus persoalannya terletak pada pemilihan kata Luna Maya yang membuat dia terjerat UU ITE.

Mengenai pengaduan dan pelaporan, Agus menilai setiap orang bisa mengadukan ke jalur hukum dan hal itu membuktikan kesadaran hukum di Indonesia cukup tinggi.

Namun dalam kasus Luna Maya ini semestinya pekerja infotainment mawas diri pada pekerjaan mereka sendiri, apakah sudah menjaga nama baik selebritis atau artis yang diwawancaranya.

"Mungkin bagi pekerja infotainment ucapan atau kata-kata Luna Maya menyinggung, tapi bisa saja bagi orang lain itu merupakan hal yang wajar saja atau biasa saja," tuturnya.


Nah, gimana nih kalau sudah begini. Kalau menurut sobat apa donk?, terus terang saya mah pusing kalau sudah begini nih (lho kok?), maksudnya apakah ini tindak pidana atau bukan, begitu lho.

Sebenarnya ada hikmah yang bisa kita ambil dari masalah yang menimpa Luma Maya lewat statusnya di Twitter , yaitu agar kita selalu berhati-hati dalam membuat sebuah status baru di jejaring sosial seperti facebook , twitter dan lain-lain di dunia maya internet. Karena tidak sedikit orang yang melihat status kita dan menilai bagaimana sosok orang yang menulis status tersebut lewat kata-kata yang ditulisnya.

Coba deh rekan-rekan tulis pendapatnya di kolom komentar dibawah ini, bagaimana sebenarnya kasus Luna Maya ini menurut kacamata para sobat. okey?..thanks sebelumnya

Kutipan artikel dan foto : Detik.com.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive