Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Wednesday, December 23, 2009

Jakarta Jelang Musim Banjir Awal Tahun 2010

Jakarta akan sering dilanda hujan pada minggu-minggu mendatang. Intensitas hujan sepertinya sudah mulai menaik sejak pertengahan bulan Desember ini. Para warga Jakarta sebaiknya sudah mulai bersiap-siap untuk menyambut perhelatan akbar tahunan yaitu "Banjir". Bagi kebanyakan warga yang sering dilanda musibah banjir, sepertinya awal tahun depan mungkin agak sedikit berkurang karena telah difungsikannya Banjir Kanal Timur (sekarang menjadi Kanal Banjir Timur/KBT). Warga juga berharap dengan beroperasinya KBT akan mengurangi volume banjir atau bahkan mampu mencegah banjir lebih parah lagi.

Sebenarnya kita sebagai warga Jakarta yang baik, sudah seharusnya melakukan pola-pola atau tindakan pencegahan banjir secara dini mulai dari lingkungan kita yang terkecil, misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan atau membersihkan parit-parit/selokan di lingkungan rumah kita.

Terutama di musim penghujan saat ini, kalau sudah terjadi hujan besar dalam hitungan jam saja sudah terjadi banjir dimana-mana dan menyebabkan kemacetan yang sangat parah.

Perencanaan tata kota juga berperan sangat penting dalam menanggulangi banjir. Saat ini sistem drainase dan tata kota sering menjadi kambing hitam sebagai penyebab banjir. Namun memang demikian faktanya sebab banyak bangunan tingkat tinggi yang didirikan dengan tidak meng-indahkan sistem drainase yang baik dan benar. Gedung-gedung tinggi pencakar langit di Jakarta seakan-akan tidak perduli akan manfaat dari resapan air, semua tanah sudah ditutupi dengan lautan beton dan aspal, sehingga air kesulitan mencari jalan menuju dataran rendah / laut.

Pertanyaannya sekarang, akankah KBT mampu menampung limpahan air yang siap menggenangi Jakarta selama musim hujan sekarang ini, sebagai warga Jakarta yang sudah sering melihat musibah banjir, dengan berat hati saya akan menjawab dengan nada pesimis. bagaimana dengan anda?.

Namun sepatutnya kita mendukung proyek pembangunan KBT ini, karena pembangunan yang memakan waktu lebih dari 2 tahun ini sudah banyak menelan dana yang besar dan pengorbanan dari warga setempat yang tergusur. Maka mari kita do'akan saja agar KBT mampu menanggulangi banjir paling tidak banjir Jakarta berkurang.

Bagaimana nih Pak Gubernur , setujukah Bapak kalau program kali bersih diaktifkan kembali sebelum hujan mengguyur dan menggenangi Jakarta lebih parah lagi.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive